Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Himakagi Unsyiah Rabu, 24 April 2013

*by angkatan 2012

2.4 Pertumbuhan dan Perkembangan Maksila (tulang rahang atas)
            Tulang rahang atas (os maxilla) berasal dari Branchial Arch I bagian atas Disebut pula Processus Maxillaris. Pusat ossifikasi terletak pasda percabangan N. infra orbitalis menjadi N. alveolaris superior anterior dan N. alveolaris superior medius. Kemudian proses ossifikasinya berlanjut mula-mula ke arah posterior membentuk Processus Zygomaticus Ossis Maxillaris, kemudian ke arah Caudal membentuk Processus Alveolaris Ossis Maxillaris dan ke arah medial membentuk Processus Palatinus Ossis Maxillaris. Selama proses pertumbuhan dan perkembangan tersebut, di bagian pusat ossifikasinya membentuk Corpus Maxillia, hingga terbentuklah Os Maxilla yang lengkap.
2.5 Pertumbuhan dan Perkembangan Mandibula (tulang rahang bawah)
            Tulang rahang bawah (os mandibula) berasal dari Branchial Arch I bawah atau mandibulaj Arch dan disebut pula Processus Mandubularis. Mula-mula dibentuk tulang rawan Meckel di bagian lingual Processus Mandibularis. Pertumbuhan dan perkembangan tulang Meckel ini berada dekat dengan pembentukan N. Mandibularis. Pada saat N. Mandibularis dibentuk mencapai 1/3 dorsal tulang rawan Meckel, kemudian bercabang menjadi N. Alveolaris inferior ke arah anterior dan bercabang lagi menjadi N.Mentalis dan N. Incisivus. Di Tempat lateral percabangan inilah jaringan ikat pada fibrosa mengalami ossifikasi (minggu ke-7). Pusat ossifikasinya sekitar for. Mentale. Kemudian pertumbuhan dan perkembangan posterior membentuk rumus mandibulae hingga terbentuk mandibula hingga terbentuk mandibula yang lengkap, sedang tulang rawan Meckle menghilang.1
2.6 Palatum dan Os Palatinum
Pertumbuhan dan perkembangan palatum terjadi melalui beberapa tahap : 
1.      Palatum primer ( processus palatinus medialis ) 
   Palatum primer di bentuk oleh intermaxillary segment ( fusi dari processus natalis medialis ) yang berkembang ke arah medial dan caudal me,bentuk palatum primer. Suptum nasi premaxilla ( tulang rahang atas yang menunjang gigi 21 dan 12 ) philtrum ( alur ventrical pada bagian tengah bibir atas ) 
2.      Palatum sekunder ( processus palatinus lateralis )
    Palatum sekunder mulai terbentuk pada minggu ke 7 yang berasal dari processus maxillaris. Mula-mula palatum sekunder berkembang ke arah bawah karena masih adanya lidah embrional . Namun setelah rahang bawah ( os mandibula ) berkembang . Maka ruang bertambah besar, sehingga lidah turun ke bawah . Hal ini mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan palatum sekunder ke arah midline dan berfusi. Selain itu septum nasi juga mengadakan fusi tangan kedua palatum sekunder ( kanan dan kiri ) 
            Pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya dari palatum sekunder :
1.       Dorsal palatum primer
            Terjadi proses efikasi disebut : processus palatinus ossis maxillaris
2.       Dorsal ad.1
             Terjadi pula ossifikasi disebut os palatinum
3.       Dorsal ad.2
       Tidak mengalami proses ossifikasi disebut palatum molle dan uvolia

Os Palatinum
Berasal dari bagian medial tulang rawan nasal capsul. Nasal capsul merupakan tulang rawan yang pertama kali di bentuk di daerah murla atas dan analog dengan tulang rawan meckel rahang bawah. Atas nasal capsul bagian lateral membentuk os. Ethmoidale . Bagian posterior ,embentuk septal cartilage ( pais perpendicularis ossis ethmoidales ). Keduanya mengalami ossifikasi setelah lahir. Bawah nasal capaul bagian lateral membentuk concha nasalis inferior sedangkan diantaranya mengalami atropi bagian medial membentuk os palatinum. Ossifikasi pada minggu ke 7-8, lokasi de dekat N.palatinu, descendeus. Ossifikasi ke arah ventrikal disebut pais perpendicularis ossis palatine, yang akan berfusi dengan os macillaris, membentuk dinding madeal sinus maxillaris. Ossifikasi ke arah horizontal disebutpais horizontal ossis palatin yang akan berfusi dengan processus palatines ossis maxillaris.2

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -