Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Unknown Senin, 30 Oktober 2017

Juara 2 Ayo Menulis BEM FKG Unsyiah 

5 TIPS “HOW TO SURVIVE BEING A DENTAL STUDENT”
Oleh : Hafidha suhaila (2016)

Menjadi mahasiswa identik dengan tugas yang banyak, tingkat kemandirian dan kedewasaan harus semakin bertambah, setumpuk beban pikiran yang terus menggunung, juga kewajiban yang semakin besar.
 Tidak terbohongi pula dengan beban biaya kuliah, dan masalah pribadi lainnya. Jujur saja, Tidak ada cara lain selain menjadi tangguh, terutama pula untuk mahasiswa dan mahasiswi kedokteran gigi yang spesifikasi beban dan pembiayaan hal sehari hari termasuk dalam katagori ‘harus benar benar kuat’. Dengan banyaknya beban dan juga tuntutan yang besar, bagaimana caranya agar dapat terus kuat untuk survive menghadapi kehidupan di FKG?
ini nih, sedikit tipsnya..

Pertama, teguhkan niat dan ingat kembali mengapa kita memilih jurusan ini.
 Alasan alasan dan semangat lama, jangan pernah dilupakan. Mungkin dulu seseorang mahasiswa FKG sangat bersemangat kuliah karena bercita cita ingin menyembuhkan orang yang kesakitan karena giginya infeksi, atau ingin membuka klinik gigi yang bagus sehingga dapat menolong orang banyak. Tentu saja kekuatan motivasi itu sangat berpengaruh dalam menggerakkan hati seseorang. terasa berat atau tidaknya sesuatu juga berdasarkan sudut pandang masing masing pula. Intinya, teruslah bersemangat.

Kedua, jangan lupakan jasa orang tua.
 Ketika mulai jenuh dan capek dengan segala rutinitas, ingat kembali, orang tua yang berusaha keras untuk bisa membuat kita belajar dan menuntut ilmu di fakultas ini. Meskipun terkadang hasil tidak sama dengan yang kita rencanakan setidaknya jangan pernah berhenti berusaha untuk memperoleh hasil yang terbaik demi orang tua. Percayalah, hasil tidak akan mengkhianati usaha, mungkin tidak sekarang, namun nanti sebentar lagi.

Ketiga, jangan lupa ibadah dan selalu berdoa kepada Allah.
 Ketika berusaha dan menghadapi segala permasalahan di bangku kuliah dan dimana saja, jangan lupa untuk mendekati diri kepada Allah, karena dengan begitu hati dapat menjadi lebih tenang dan lebih siap untuk menghadapi segala kondisi. juga mintalah semuanya kepada Allah, karena hanya pada Allah lah sebaik baik tempat meminta.
“Berdoalah kepada-ku. Niscaya akan kuperkenankan bagimu…” (surah Al Mu’min (40) ayat 60)

Keempat, atur strategi keuangan dan belajar.
 Sudah menjadi rahasia umum, barang barang kebutuhan di FKG sangat lah mahal, karena itu tidak ada salahnya untuk menabung dari awal, atau memulai berjualan barang barang ringan kepada sesama mahasiswa, sehingga kebutuhan kebutuhan untuk membeli alat bisa sedikit lebih ringan. Dan yang terpenting adalah menjaga barang barang pribadi seperti halnya barang skills lab, ukurannya yang dominan kecil tentu mempersulit pencarian apabila barang tersebut hilang, dan kemudian jangan lupa membersihkan peralatan peralatan yang sudah dipakai agar tidak cepat rusak. dan jangan dibiarkan berceceran.

Kelima, yakinlah kuliah di FKG tidak akan menghalangi hobi hobimu.
 Hobi seseorang terkadang harus kandas dan tidak bisa dikembangkan karena alasan kesibukan dan susah untuk mendapat waktu yang tepat. Semisalnya, hobi berbelanja, hobi bermusik, hobi membuat cerita cerita menarik, hobi berorganisasi atau bahkan talenta yang lebih luar biasa lainnya. Terkadang kita merasa cepat lelah dan jenuh dengan semua aktivitas. Fokus utama tentu saja adalah kuliah, namun jangan lupakan hobi itu ada untuk membuat hidup menjadi lebih indah, kembangkan potensi, jangan ragu mengikuti seminar, panggung teater ajang pentas atau perlombaan perlombaan sesuai dengan kesukaan masing masing pribadi jika memungkinkan. coba atur ulang waktu waktu yang terpakai untuk menyenangkan diri, dengan demikian kita akan merasa lebih senang dan bahagia ketika kita menjadi anak FKG.

Semoga bermanfaat,,



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -