Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Bem FKG Unsyiah Jumat, 02 Oktober 2015






2 Oktober merupakan hari yang diperingati sebagai hari batik nasional. Mengapa tanggal 2 Oktober? Penetapan tanggal ini dimulai dengan mengikutsertakan Batik Indonesia dalam proses nominasi pada tanggal 3 September 2009. Waktu itu, batik sedang ramai dibincangkan terkait dengan berita mengenai klaim batik oleh malaysia. Dan pada tanggal 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk bidang kebudayaan, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), menetapkan secara resmi Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) Indonesia.

Alasan UNESCO mengakui batik dikarenakan UNESCO menilai jika batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam, dan sejarah itu sendiri. Kemudian pemerintah kemudian menindaklanjutinya dengan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Presiden RI ketika itu, Susilo Bambang Yudhoyono, menjadikan penetapan Hari Batik Nasional ini sebagai wujud rasa syukur dan mendorong untuk terus mengembangkan batik nasional. Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia internasional saat Presiden Soeharto menggunakannya di Konferensi PBB bersama negara-negara lain. Hingga saat ini, batik Indonesia semakin dikenal di kalangan Internasional.

Pada hari ini, tanggal 2 Oktober 2015 Badan Eksekutif Mahasiswa Departemen Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) mengajak semua civitas akademika memakai batik untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan atas batik. Memakai batik di kalangan civitas akademika tidak hanya digunakan pada hari ini, namun sudah menjadi pakaian yang digunakan setiap hari jumat, dan juga tidak hanya pakaian, namun bisa semua aksesoris yang bertemakan batik.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -