Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Himakagi Unsyiah Minggu, 07 Juli 2013

Oleh: Ridha Rosmarna Dewi



Assalamu’alaikum wr.wb...


Saya mewakili teman-teman angkatan 2012 sangat berterima kasih kepada panitia yang telah sudi kiranya mengikut sertakan kami dalam acara BAKSOSNAS 2013. Ini merupakan suatu penghormatan dan penghargaan yang sangat besar bagi kami. Banyak pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan dari kegiatan ini diantaranya kami merasakan indahnya persaudaraan, indahnya ukhwah islamiah, indahnya kebersamaan, indahnya berbagi. Dari kegiatan ini juga kami mengerti arti disiplin, arti betapa berharganya waktu karena setiap kegiatan  kami baik makan, mandi, bahkan tidur sangat dibatasi oleh waktu. Kami tidur di ruang yang bahkan sangat kecil untuk puluhan peserta dengan kamar mandi sumbat yang juga hanya ada satu untuk puluhan peserta, bisa dibayangkan betapa menderitanya kami pada saat itu. Namun semua penderitaan itu terbayar dengan sambutan hangat warga gampong Ule Glee, yang menyambut kami dengan senyuman ramah yang mampu menghapus semua kelelahan dan penderitaan yang kami rasakan. Kami juga sangat kagum kepada anak-anak gampong Ule Gle terutama anak-anak didik kami ketika penyuluhan DHE. Mereka sangat cepat menangkap apa yang kami jelaskan bahkan mereka sangat aktif menunjukkan siapa dirinya. Dalam waktu singkat kami dan mereka telah akrab dan kami merasakan telah menemukan sosok keluarga baru. Kemudian ada salah satu dari adik-adik penyuluhan yang memanggil saya dengan sebutan  “ibuk”, saat itu saya langsung menahan rasa senang dan sedih, senang karena saya dipanggil ibuk yang berarti dalam pandangan mereka saya telah sukses menjelaskan seperti guru-guru mereka di sekolah, di lain sisi saya merasa sedih apakah wajah saya terlalu tua sehingga adik-adik lucu itu memanggil saya dengan sebutan “ibuk”.

Selain itu hal yang sangat berkesan adalah mendaki tanjakan yang lumayan tinggi untuk menuju rumah-rumah warga untuk melakukan home visit. Ketika kami melakukan home visit, mereka berpikir kami adalah dokter-dokter muda yang melakukan pemeriksaan ke rumah-rumah mereka, bahkan ada diantara mereka memanggil kami dokter, ketika mendengar kata-kata itu semangat pengabdian kami kepada masyarakat semakin berkobar, keringat-keringat yang mengalir seakan mengering, dan senyum-senyum kami pun merekah. Hidup PSKG...! Hidup PSMKGI...! Sepanjang jalan pulang dari rumah warga saya khususnya merasa sedih karena harus meninggalkan pemukiman dan dayah karena kenangan manis yang telah terukir indah dalam waktu yang begitu singkat, saya seakan-akan merasakan inilah keluarga saya, inilah kampung halaman saya. Namun kesedihan itu lagi-lagi terbayar oleh adik-adik lucu. Sepanjang kepulangan kami ke penginapan mereka melambai-lambaikan tangan sambil berlari-lari bersorai-sorai “dadaah... dadaah...” layaknya kami adalah segerombolan artis kota yang masuk desa. Ya semua kenangan dan pelajaran ini akan terus kami kenang hingga kami benar-benar menjadi seorang dokter bahkan setelah itu.

Pesan kami semoga BAKSOSNAS ke depannya lebih lancar dan lebih sukses dari sebelumnya, semoga persaudaraan yang telah terukir antara kita semua  baik delegasi dengan delegasi, delegasi dengan panitia, delegasi dengan peserta, panitia dengan peserta, peserta dengan peserta, delegasi dengan warga, panitia dengan warga, bahkan peserta dengan warga tidak hanya terjalin pada kegiatan BAKSOSNAS 2013 ini. Salam pengabdian!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -