Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Himakagi Unsyiah Selasa, 16 Juli 2013

oleh Tjut Aqhsa Annatasya


            Ramadhan dateng lagiii! Gak tahu kenapa sih, tapi Ramadhan itu bener bener salah satu bulan favorit saya (selain bulan Juni-Juli dan Desember-Januari karena itu bulan dimana libur semester tiba) walaupun saya suka sebel sama pemerintah kita yang masih kayak abege labil karena galau galau gitu nentuin kapan 1 Ramadhan jatuh tapi saya tetep seneng kalo Ramadhan dateng. Kalo bicarain soal Ramadhan pasti bicarain soal sekolah yang banyak libur (well itu yang paling penting), orang orang yang mendadak baik makanan enak yang tiba tiba selalu tersaji dirumah setiap menjelang adzan magrib dan ending yang membahagiakan karena dapet THR dari sanak saudara (ini kedua terpenting).

            Bagi saya sih, Ramadhan selalu meninggalkan cerita tersendiri. Seperti Ramadhan tahun ini. Saya udah kuliah, ya ampun rasanya keren banget kata ‘kuliah’ itu, menyandang predikat sebagai mahasiswi yang kesannya kayak cewek pinter dan cantik yang seliweran setiap hari di kampus untuk nimba ilmu, walaupun kenyataannya ga sebagus itu haha. But anyway, Ramadhan memang banyak liburnya, tapi libur dibulan Ramadhan bener bener beda dengan libur dibulan lainnya seperti libur semesteran dsbg. Di liburan semester, jadwal saya biasanya padet banget, yaaaa, you know lah bangun subuh, terus tidur lagi,kebangun jam 9, nonton tv, tidur-tiduran lagi, bantu mama sedikit, tidur tiduran lagi, mandi, makan, nonton  film di laptop, tidur tiduran lagi, online, makan malem terus tidur. Saking padetnya sampe gabisa cari celah untuk sekedar cari kegiatan keluar hahaha.

            Tapi, liburan di bulan Ramadhan, saya jadi banyak cari kegiatan terutama yang bertujuan mendapat sesuatu yang kebetulan lagi di obral besar besaran dibulan ini yaitu…. Pahala. Dan kebetulan banget, taun ini dirumah saya gak ada pembantu, jadilah saya dan adek yang setiap hari bantu nyapu ngepel rumah, bersihin garasi tapi dari semua kegiatan setengah Cinderella (panggilan bagusnya ‘pembantu) itu, yang paling saya favoritin adalah kegiatan masak sebelum sahur dan sebelum buka puasa bareng mama. Karena alesan tadi yaitu gaada pembantu, dan kebetulan dua saudara saya laki laki semua jadilah saya dan mama yang setiap pagi bangun nyiapin makanan buat sahur walaupun kadang saya masak sambil ngantuk ngantuk dan berdampak pada terlalu berlebihannya tingkat kematangan ikan yang digoreng (baca; gosong) atau sayur yang kebanyakan bubuk NaCl (singkatnya sih kebanyakan garem). But actually, that’s a really fun activity yang berbonus pahala, kapan lagi sih saya bisa ngabisin waktu sama mama didapur sambil masak, ngobrolin masa depan, denger mama cerita tentang masa mudanya walapun saya agak males ngedengernya karena ngantuk serta bikinin masakan kesukaan ayah, adek dan abang saya yang udah saya tinggalin selama 6 bulan ini. Pas sahur juga ga kalah serunya, denger adek ngeledek masakan saya yang keasinan atau kematengan (agak sedih kalo nyebut gosong) atau ngobrol sama abang saya tentang dia yang jomblo dan gebetannya yang php (mudah mudahan abang saya gak baca). Semua memori saya tentang Ramadhan adalah keluarga saya yang jadi semakin akrab karena kita juga selalu ngadain ngaji dan mengkaji bareng usai solat subuh, dan berangkat ke mesjid bersama untuk solat tarawih. Moment mau buka puasa juga ga kalah seru, kalo sempet, mama dan saya selalu nyiapin sendiri menu untuk buka puasa, yang selalu jadi favorit saya adalah kolak labu, pisang plus nangka buatan mama yang rasanya surga dunia banget dan emang cuma dimasak mama pas Ramadhan. Kalo ga sempet masak, mama ngajak saya ngabuburit (jalan jalan sambil nyari bukaan gitu deh) ke pasar deket rumah, disitu lebih surga lagi kalo Ramadhan, segala jenis gorengan dan kue basah ada, kolak ada, kue kering ada, bahkan ada juga yang jualan kelinci dan ayam warna warni yang sampe sekarang masih saya belum pahami apakah ada orang yang buka puasa dengan makan ayam warna pink genit itu idup idup. Hal lain yang juga saya  seneng banget dari ramadhan adalah karena  ayah jadi sering bawa pulang kurma mahal yang rasanya juga gak kalah surganya, kalo gasalah namanya kurma ajwa, katanya sih itu kurma kesukaan nabi, walaupun menurut saya bentuknya lebih mirip kumbang keling (baca: item banget) yang mati secara naas di halaman rumah terus kelindes ban mobil, tapi rasa kurma itu justru lebih enak dibanding kurma kurma yang cantik rupanya, kesimpulannya, don’t judge a palm fruit from its cover hahaha.


But anyway, selain memori saya tentang keluaga, saya juga punya banyak memori tentang temen temen saya waktu SMA ketika Ramadhan. Setiap Ramadhan tiba, di SMA pasti selalu ada buka puasa bersama (disingkat Bukber). Cerita bukber gak kalah lucunya, kalo bukber (apalagi bareng temen temen sekelas) adaaa aja hal hal lucu yang mereka lakuin, contohnya seperti kejadian Ramadhan 2 tahun lalu (waktu itu saya masih duduk di kelas 3 semester 1) saya ngehadirin bukber bareng temen temen kelas 2, dan kebetulan hari itu ada salah seorang temen saya yang bawa petasan banyaaak banget, dan segala jenis petasan ada dari mulai petasan roket,petasan ayam, petasan disco, petasan kentut, petasan kobra, petasan jengkol dan petasan lainnya dengan nama superunik. Singkat cerita kita akhirnya main petasan di lapangan gak jauh dari rumah temen kami yang sial karena jadi tempat kami buka puasa bersama. Awalnya temen temen saya nyalain petasan yang cupu cupu macem petasan kentut yang bunyinya berisik dan aneh, petasan ayam yang sama freak-nya dan petasan jengkol yang saya ga paham apa keunggulannya dan meng-keep si petasan Roket yang mahal dan paling seru di akhir acara. Dasar lah temen temen saya yang masa kecilnya kurang bahagia, main petasan aja sambil ceng-cengan dan bikin berisik sampe ke komplek sebelah. Kami juga setengah ga sadar kalo ga jauh dari lapangan tempat kami main petasan, ada sebuah masjid yang lagi melaksanakan solat tarawih. Berkali-kali diperingatkan untuk jangan berisik oleh imam mesjid, kami malah selow aja dan tetep berisik dan bikin ribut dari suara petasan roket yang kami mainkan. Sampe akhirnya imam mesjid beserta sejumlah jemaah mesjid yang udah muntab karena keganggu ibadahnya, keluar, teriak teriak dan marah marah. Ngeliat jemaah udah tumpah kelapangan macem preman kampung sebelah yang ngajak tawuran, kami dengan ga bertanggung jawabnya langsung kocar kacir kayak banci yang kepergok mangkal oleh satpol PP jadilah bukber malam itu makin berkesan, karena diakhiri dengan kejar kejaran, antara kami (termasuk saya) dan jemaah mesjid. Sorry pak, bu… Maklum anak muda hahahhaa. That’s my story, how about yours?

Data Diri 
Nama: Tjut Aqsha Annatasya 
TTL: Bekasi, 13 Mei 1994 
Leting: 2012 
Hobby: Baca, Nulis, Travelling
 
You’re a foolish if you spend your life in one place. World is damn gigantic, so take your backpack now then explore it!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -