Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Bem FKG Unsyiah Senin, 08 Desember 2014

BEM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala tepatnya Departemen Kajian Startegi dan Advokasi (Kastrad) (23/11) baru saja menggelar kegiatan Kuliah Kastrad (Kul-Kas) di Ruang Seminar Lantai 1 Kampus FKG Unsyiah. Kuliah kastrad merupakan salah satu program kerja Dept. Kastrad yang bertujuan memfasilitasi calon-calon pemimpin dan aktivis-aktivis organisasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar dunia kastrad.
Acara Kuliah Kastrad ini berlangsung selama satu hari, dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka langsung oleh Ketua Panitia yaitu M. Jufri Azinar. Kuliah kastrad ini diikuti kurang lebih 60 orang, yang terdiri dari panitia, peserta, juga undangan delegasi Departemen Kastrad BEM Fakultas lain yang juga berada dalam kawasan Universitas Syiah Kuala.
Penyampaian materi yang dilakukan tidak hanya seperti kuliah pakar namun juga berupa diskusi antar kelompok dan di penghujung waktu nantinya akan ada sesi klarifikasi terhadap masalah yang di bahas. Sehingga nantinya dapat menciptakan pemahaman berpikir “ala Kastrad”.
Pemateri-pemateri hebat dan luar biasa juga dihadirkan, yaitu bang Irwansyah Putra yang sedang menjabat sebagai Wakil Katua BEM Unsyiah. Materi yang beliau sampaikan mengenai Leading Skill, “Pemimpin yang ideal adalah seseorang yang memiliki kualitas diri yang bagus, memiliki ambisi menjadi pemimpin dan harus ada komitmen”. Dan bang Rizki Wan Okta Bina yang sebelumnya aktif di Badan Pengawas PSMKGI dengan materi Analisis SWOT dan Advokasi. Dalam penyampaian materi mengenai Advokasi, beliau mengusung masalah mengenai Penolakan kebijakan pemerintah UU No. 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran. Landasan hukum yang mendasari program internship adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran Pasal 7 Ayat (7): Program profesi dokter dan dokter gigi dilanjutkan dengan Program Internsip, penjelasan pasal 7 ayat (7): Internsip adalah pemahiran dan pemandirian dokter yang merupakan bagian dari Program penempatan wajib sementara paling lama 1 (satu) tahun.
Beliau mengarahkan peserta untuk melakukan percobaan advokasi dengan berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh para Penggores Tinta Perubahan, diantaranya melakukan aksi Lobi kepada pejabat pemerintahan, Aksi Simpatik di tempat-tempat umum, Public Discussion, dll. Selanjutnya dilakukan klarifikasi, mengkaji dan menganalisis setiap tindakan dengan keterampilan SWOT.
Dengan mengusung tema “Change the World with Strategy”, melalui kuliah kastrad ini nantinya diharapkan dapat menumbuhkan jiwa-jiwa pemimpin  luar biasa dan ideal dalam diri peserta. Pemimpin yang bagaimanakah?? Pemimpin yang berjiwa visioner, misioner, dan memiliki paham serta keterampilan dalam mambuat SWOT, dan tidak kalah pentingnya mempunyai pola pikir “ala Kastrad”. Mahasiswa bukan hanya sebagai pematuh kebijakan namun juga sebagai subjek penentu kebijakan. Are you ready being an Agen of Change?? Yesssss, we must ready!!!!

HIDUPPPP MAHASISWA!!!!!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -