Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Himakagi Unsyiah Rabu, 24 April 2013


*by angkatan 2012
2.13 Pertumbuhan dan Perkembangan Kelenjar Saliva
                   Pada embrio minggu ke 6-7 dibentuk Glandula Parotis yang berasal dari jaringan ektodermal berlokasi di tepi stomodeum. Sel-sel berpoliferasi membentuk tali padat dan ujung bulat. Tali tersebut berkembang membentuk tumen dan selanjutnya terbentuk duktus, sedangkan ujung yang bulat berdiferensiasi membentuk acini (khusus menghasilkan saliva) yang akan mengeluarkan secret.
            Glandula Submandibularis yang berasal dari jaringan endodermal berlokasi di dasar mulut di latero-caudal lidah. Cara pembentukannya sama dengan GI. Parotis. Glandula sublingualis berkembang agak akhir, juga berasal dari jaringan endodermal sebagai multiple buds yang nantinya membentuk lobus mayor dan lobus minor. Lokasinya di latero-caudal lidah.
2.14 Pertumbuhan dan Perkembangan Glandula Thyroid
            Glandula Thyroid dari penebalan jaringan endodermal di belakang tuberculum impar kemudian melekuk ke caudal yang disebut thyroid diverticulum yang lalu bermigrasi (lidah berkembang) ke caudal. Pada saat bermigrasi ke caudal terbentuklah Ductus Thyroglossus. Ductus Thyroglossus ini akan tersisa sebagai foramen caecum dan lobus Pyramidalis GI. Tyreodea. Bagian ductus yang lain menghilang sedangkan Thyroid Diverticulum yang bermigrasi ke caudal membentuk 2 lobus yaitu GI Thyroidea dan akhir migrasinya berada di antara lateral Trachea.
                   Sedangkan tuberculum impar tidak membentuk bangunan yang khas. Pertumbuhan dan perkembangan 1/3 posterior lidah dimulai dengan dibentuknya tonjolan Copula (berasal dari pharyngeal arch ke II) kemudian dibentuk lagi tonjolan Hypobranchial (Branchialk Arch III – IV). Caudal dari foramen Caecum. Namun proses selanjutnya tonjolan  Copula mengalami rudimeter dan menghilang. Sedangkan tonjolan Hypobranchial tetap berperan membentuk 1/3 posterior lidah dan selanjutnya berfusi dengan 2/3 anterior lidah. Garis fusinya pada Sulcus Terminalis Linguae. Sehingga terbentuklah lidah yang lengkap dan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya ke arah atas dan depan.

All Chapter is created by tutorial 3
- Suryani Dewi
- Yulia Rizki Andini
- Rizky Permata Sari
- Deliga
- Novita Ranti
- Cut Rini Hardiyanti
- Mustaqim
- Muhammad Rizqan
- Nurul Fadhillah
- Yuri
- Siti Zulaikha
- Shabirah Inas

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -