Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Himakagi Unsyiah Rabu, 24 Juli 2013

                Banda Aceh. Mahasiswa preklinik dan klinik kedokteran gigi se-Indonesia mengadakan bakti sosial nasional (baksosnas) di Aceh dalam rangka meningkatkan kesehatan gigi mulut masyarakat Aceh dan wujud tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Baksosnas merupakan program Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) yang dipercayakan kepada Himpunan Kedokteran Gigi (HIMAKAGI) Unsyiah dimulai dari tanggal 26-30 Juni 2013.
           Ketua panitia, Khalid Mubarak, menyampaikan serangkaian acara baksosnas tersebut berupa seminar nasional di Rumoh PMI pada hari pertama, lalu pengobatan gigi mulut gratis, Dental Health Education (DHE), sikat gigi bersama, donor darah, Home Visit, pemberian makanan tambahan (PMT), lomba mewarnai, lomba adzan dan hapalan surah pendek, penanaman pohon di Kabupaten Pidie Jaya, dan hari terakhir ditutup dengan City Tour ke berbagai tempat wisata di kota Banda Aceh untuk mahasiswa kedokteran gigi dari institusi luar Aceh yang tersebar di seluruh Indonesia.
              “Ada tiga hal yang bisa dilakukan dalam kegiatan baksosnas seperti mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari, membangun interaksi dengan masyarakat, dan pembelajaran aktif sehingga nantinya tidak sungkan terjun ke masyarakat setelah selesai masa sekolah”, kata dr. M. Yani, M.Kes, PK(K) yang mewakili membacakan pidato pembukaan dari gubernur provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

            Kegiatan baksosnas mendapat sambutan meriah dari berbagai pihak khususnya masyarakat Kabupaten Pidie jaya. Ketika pengobatan gigi mulut gratis berlangsung dari pagi hingga sore hari mulai dari balita sampai lansia terlihat sangat antusias mendatangi puskesmas Meuredu dan Uleegle. Sekitar 700 warga yang mendaftar untuk perawatan gigi mulut dan panitia sampai kewalahan karena membludaknya warga yang ingin berobat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -