Upcoming Event

Upcoming Event
Posted by : Muhammad Hamzah Selasa, 16 April 2013

Blok baru sudah dimulai ni... masing-masing angkatan pasti punya cerita sendiri menghadapi "perang" berikutnya. mungkin ada yang menyiapkan senjata pamungkas khusus, lecron anti baja, sonde pencakar bumi? hihi whatever lah! :-p

yuk, mari kita baca celotehan mereka!

Tjut Aqhsa Annatasya (Blok 4)-kesan pesan masuk blok 4..... mmmh apa yaaa? belum kerasa kerasa banget sih karena baru aja masuk blok 4. Tapi karena blok 4 merupakan blok "ILMU KEDOKTERAN GIGI DASAR" pasti perasaannya deg-degan karena kan dasar dari semua cabang ilmu kedokteran gigi ya ada di blok 4 ini. Kesan pertama liat jadwal mungkin ya... Lumayan 'hening' juga sih karena ternyata jadwalnya cukup padat dan banyak banget bahasan yang dipelajarin itu bukan bahasan yang pernah di pelajarin waktu SMA, tapi diantara perasaan hening yang ga ada maksudnya itu terselip perasaan seneng juga "Finally, belajar ilmu yang sangat menjurus". Kalo denger dari kakak dan abang leting sih katanya blok 4 tuh blok galau, tapi saya sendiri belum tau galaunya dimana karena sejauh ini saya belum nangis nangis dibawah shower gara gara galau gabisa nemuin gigi nomer 37 (LOL) skip. Tapi feeling saya sih kedepannya blok 4 ini pasti bakalan seru banget karena pelajarannya yang lebih menjurus dan teorinya disertai praktikum dan skill lab juga, beda sama blok sebelumnya yang udah saya lewatin. Ya semoga aja saya bisa melalui blok 4 ini dengan baik dan benar terus nilainya bagus hehhee."



Muhammad Reza Kamal (Blok 8)- Setelah perjalanan dari blok pertama, sekarang saya sudah sampai blok 8 yaitu belajar tentang pedodonsia. Banyak hal yang telah dilewati dari pertama blok, nah yang paling berkesan di sini dalam proses perjalan belajar saya yaitu blok 5, 6 dan 7 dimana saya tutorial dan skillab bersama orang2 yang sangat berharga bagi saya yaitu kawan2 dekat saya. *hihi

Sekarang saya sudah masuk blok 8 yaitu belajar tentang tumbuh kembang anak, nah blok ini saya yakin juga bakal tidak kalah berkesannya dengan blok sebelumnya karena pada blok ini kita akan tau banyak hal tentang pertumbuhan anak, psikis anak, perilaku anak dsb. Blok 8 ini termasuk blok yang sangat menantang bagi saya sendiri,  dimana kita dibimbing oleh dosen yang sangat tegas dan kita memang diwajibkan mengerti semua akan hal yang dipelajari, dan saya rasa memang sudah kewajiban kita untuk belajar dengan giat. Kata kawan2 juga blok ini sangat menyeramkan,  yaitu karena tidak toleransi dalam penilaiannya.  Jadi tidak ada hal yang bisa dibantu dalam blok ini kecuali memang dari diri kita sendiri.  Ya tapi diblok ini kita didukung oleh jadwal yang tidak begitu padat seperti blok 5 dan 6  sebelumnya. Walaupun kita di dukung oleh jadwal yang tidak begitu padat, bukan berarti kita mempunyai waktu dalam hal bermain.  Saya pribadi, memang sudah sangat berkurang waktu bermain terutama kumpul sama teman2. S aat ini saya juga dipercayai bergabung dalam organisasi himpunan yaitu HIMAKAGI. Pada blok ini saya harus pandai membagi waktu antar belajar, organisasi dan bermain, itu merupakan hal yang sangat sulit bagi saya, namun pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk menjadi lebih baik dalam hal apa saja.  Kesan yang sangat menyenangkan bagi saya pada blok ini yaitu karena adanya skillab sefalometri,  dimana kita mentracing sefalogram dan nantinya kita akan menentukan titik2 dan sudut2 pada craniofacial. Ya disini saya sangat hobi dalam menggambar sejak dari kecil, walaupun sebenarnya saya juga tidak terlalu mahir dalam menggambar.  Nah mencoba untuk lebih menikmati pada saat skillab. Disini juga kita mereview pengetahuan kita tentang anatomi kepala.  Ya intinya pada blok ini kita harus belajar dengan giat, pandai memanage waktu agar blok 8 ini lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Sekian"


Risa Rahma Putri (Blok 12)-Ujian penyakit mulut dalam blok 11 pada tanggal 5 April terlewati sudah. Dan eng-ingg-engg, selamat datang blok 12 dengan tema yang sama, oral surgery dan oral medicine. Karena sesungguhnya kita itu dituntut untuk lebih baik dari hari kemarin agar tidak menjadi orang merugi, maka kalau ditanya perasaan saya kala itu, adalah sangat semangat menyambut kedatangan blok 12 ini, selayaknya semangat mahasiswa saat menyambut liburan akhir semester. Semangat untuk lebih baik lagi dalam dunia per-tutorial-an (?), dunia skills lab, dan dunia lainnya. Semangat untuk menambah ilmu yang belum dipelajari sebelumnya. Tapi Saat buku BPKM (Buku panduan kegiatan mengajar) dan BPSL (Buku panduan skills lab) ditangan, maka yang terjadi bukan membaca dulu blok ini bakal membahas apa saja, melainkan mata ini akan jelajatan melihat halaman terakhir buku yang berisikan jadwal blok. Tentunya melihat apakah jadwal blok ini banyak libur :D

Untuk jadwal perkuliahan di blok 12 ini juga tidak banyak yang berubah dan tidak ada yang ditambah dari blok sebelumnya, tetap ada namanya diskusi tutorial 1 dan 2, skills lab dua kali/minggu, kuliah pakar, pleno, reinceforment juga tak lupa mandiri terstruktur. Tapi yang harus di bold juga di garis bawahi kalo perlu di italic-kan (juga) disini semangat + kerajinan untuk menambah ilmunya harus ditambah.

Tidak perlu stress yang berlebihan dalam belajar. Juga tidak perlu merasa berat untuk menjalani perkuliahan. Yah, walaupun tidak senikmat coklat, anggap aja belajar dan kuliah itu senikmat mie ramen atau apapun kesukaan anda. Jadi ya, tetap menikmati aja masuk blok 12 ini. Apalagi sudah dikatakan sama dokternya, kita akan bersenang-senang di blok ini. Perlu diperhatikan, arti senang-senang disini bukanlah proses belajar mengajar akan diganti tempat ke pantai lhokme. Juga yang baru memasuki blok 8 dan  blok 4, ga perlu stress-stress mikirin belajar. Lihat nih senior-senior kalian yang sebelumnya juga pernah menempati posisi kalian, asal sabar dan mau berusaha insya allah kalian akan sampai juga ke posisi kami sekarang. 

Karena kampus kita punya 14 blok yang harus diselesaikan untuk mendapatkan eskage, maka berada di blok 12 sekarang ini juga sedikit deg-deg-ser sih. Berarti langkah menuju pembuatan proposal, seminar, penelitian hingga pembuatan skripsi itu sudah didepan mata. Buat teman-teman seperjuangan 2010, ayo sudah bisa nih untuk memikirkan langkah kita kedepan nantinya bagaimana, akan mengambil bidang apa untuk penelitian dan skripsi, dan tentu saja menargetkan untuk segera selesai awal januari 2014 nanti, bersama-sama, amin!"
Nah, itu tadi curahan beberapa mahasiswa KG Unsyiah menghadapi blok baru ini... Gimana dengan kamu? silakan komen di bawah ya! ^^ (hz)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BEM Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah -- Blogger - -